info@bagusbalisunrisetrekking.com
+6282144554458

Apakah Gunung Batur Buka

Apakah Gunung Batur Buka Untuk Pendakian?

Apakah Gunung Batur Buka di 2021 – Ada beberapa penonton di channel Youtube kami yang menanyakan tentang buka atau tidaknya gunung Batur untuk pendakian ditahun ini. Oleh sebab itu kami mencoba untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan itu dengan mebuat artikel ini.

Pulau Bali yang juga dikenal sebagai pulau dewata atau pulau seribu pura memberikan begitu banyak pilihan wisata alam mulai dari wisata pantai, wisata air terjun, wisata sungai dengan melakukan rafting dan juga wisata dengan mendaki gunung untuk menyaksikan matahari terbit.

 

apakah gunung batur buka

Di pulau Bali sendiri terdapat 10 gunung yang berada di tiga kabupaten yang berbeda, namun hanya tiga gunung saja yang kami rekomendasikan bagi kalian jika ingin mendaki gunung untuk melihat sunrise yang cantik. Gunung gunung yang dimaksud yaitu gunung Batur, gunung Abang, dan gunung Agung. Nah khusus didalam artikel kali ini kami akan membahas lebih detail tentang gunung Batur.

Mungkin banyak diantara kalian yang punya rencana untuk mendaki gunung Batur untuk mengisi salah satu hari libur anda di Bali, namun mungkin saja kalian masih bingung tentang dimana lokasi gunung Batur, bagaimana cara terbaik untuk berkunjung atau mendaki gunung Batur atau juga mungkin ada diantara kalian yang bertanya apakah gunung Batur sudah dibuka atau belum.

Nah dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi penting mengenai gunung Batur yang wajib kalian ketahui sebelum memutuskan untuk mendaki atau sekedar berkunjung kekaki gunung ini.

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif yang terletak didesa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Jika kalian tinggal atau menginap diseputaran wilayah Ubud, maka diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan ditempuh dengan mengendarai sepeda motor atau mobil. Dan jika kalian berangkat dari wilayah Denpasar, Kuta dan sekitarnya maka akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Dari Ubud atau Denpasar ada tiga pilihan rute perjalanan yang bisa kalian pilih yaitu lewat jalan raya Payangan, jalan raya Tegalalang atau jalan raya Tampaksiring itu bisa disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal ataupun tempat menginap.

Dimanakah Jalur Pendakian Gunung Batur?

Untuk start point pendakian gunung Batur sesungguhnya ada 4 pilihan, yaitu melalui jalur Pura Pasar Agung, jalur pendakian via Toya Bungkah, jalur pendakian via Serongga, dan jalur pendakian via pura Bukit mentik atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalur culali. Dari keempat pilihan jalur pendakian atau start point yang bisa kalian gunakan untuk mendaki gunung Batur, jalur yang paling kami sarankan adalah via Toya bungkah. Silahkan baca juga 4 jalur pendakian gunung Batur yang buka untuk informasi yang lebih lengkap.

Kapan Terakhir Kali Gunung Batur Meletus?

Menurut catatan, gunung yang memiliki ketinggian 1.717 mdpl ini dari tahun 1804 hingga tahun 2000 sudah sempat meletus sebanyak 26 kali. Letusan yang paling dashyat terjadi pada tahun 1926, dimana letusan ini telah menutup hampir seluruh permukaan desa Batur kuno yang berada tepat di bagian barat lereng gunung Batur. Jika kalian berkunjung ke Penelokan, Kintamani maka dari sana kalian bisa melihat hamparan batu lahar hitam yang sangat luas, nah disanalah desa Batur kuno beserta pura Ulun Danu Batur kuno berdiri.

Setelah terjadinya letusan besar tersebut, seluruh masyarakat desa Batur yang masih selamat pindah ke bagian barat kaldera gunung Batur yang dulu disebut dengan desa Karang Anyar. Nah disinilah hingga kini puluhan ribu warga desa Batur menetap dan meneruskan tradisi dan adat istiadat dari leluhurnya. Pura Ulun Danu Batur yang dulu tertimbun oleh lahar hitam kemudian dibangun kembali didesa Batur yang baru dan menjadi pura terbesar kedua di Bali setelah pura Besakih yang terletak di Kabupaten Karangasem Bali.

Apakah Gunung Batur Buka Disaat Pandemi?

Karena pandemi Covid-19, Gunung Batur sempat ditutup untuk pendakian baik untuk wisatawan lokal maupun manca negara dari bulan Maret 2020 hingga dibuka kembali pada bulan Agustus 2020. Dibukanya Kembali gunung Batur untuk aktivitas pendakian tentu saja sudah melalui banyak pertimbangan diantaranya karena begitu banyak warga lokal yang menggantungkan hidup dan mengais rejeki dari pendakian gunung Batur.

Jika ditotal dari jumlah guide atau pemandu pendakian gunung Batur, para sopir, porter dan pedagang yang sehari harinya menggantungkan hidup dari gunung Batur itu ada lebih dari 1000 orang. Nah jika dilihat dari jumlah yang begitu banyak, tentu saja disituasi seperti sekarang sudah banyak yang banting setir dan mengambil perkerjaan baru sembari menunggu hingga pariwisata Bali bisa pulih seperti sediakala. Semoga saja dengan kembali dibukanya gunung Batur bisa menjadi angin segar bagi warga lokal.

Meski aktivitas pendakian gunung Batur sudah kembali dibuka, tentu saja ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui dan lakukan selama kalian berada atau mendaki di gunung Batur. Hal – hal tersebut diantaranya adalah:

  1. Pastikan kondisi kesehatan kalian baik saat mendaki gunung Batur
  2. Patuhi protocol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker disaat istirahat dan mencuci tangan (disini sangat kami sarankan untuk membawa hand sanitizer dan menggunakannya setiap kali setelah bersentuhan tangan dengan rekan maupun guide atau sopir kami)
  3. Tidak mengotori area gunung Batur dengan membuang sampah sembarangan, pastikan anda membawa semua sampah plastic kembali turun agar gunung Batur tetap bersih dan asri

Kenapa memilih Bagus Bali Sunrise Trekking?

Jika kalian mencari jasa pemandu untuk naik gunung Batur, kami dari Bagus Bali Sunrise Trekking bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan pengalaman pelayanan sejak tahun 2011 dan juga pemandu pemandu yang tentunya sudah memiliki sertifikat dan rating bagus baik itu di google maps maupun TripAdvisor, tentunya kalian tidak perlu ragu lagi karena kepuasan setiap pelanggan adalah hal yang sangat kami utamakan.

Begitu banyak jenis paket mendaki gunung Batur yang kami sediakan seperti paket mendaki dengan layanan antar jemput di semua destinasi wisata di Bali, paket mendaki dengan sarapan dipuncak, paket mendaki gunung Batur dan berendam di air panas dan berbagai jenis paket lain yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan.

Bisakah Kalian Hanya Memakai Jasa Guide dan Datang Sendiri Ke Start Point Pendakian

Nah khusus untuk kalian yang memutuskan untuk menyewa mobil dan berkendara sendiri menuju gunung Batur kami juga ada paket yang hanya menyediakan pemandu pribadi tanpa layanan antar jemput. Kalian tidak usah khawatir dengan kondisi jalan menuju gunung Batur, karena akses menuju kearah pendakian gunung Batur cukup mudah dan juga didukung oleh kondisi jalan yang sudah sangat bagus.

Hanya satu hal yang perlu kalian pikirkan yaitu: jika kalian ingin mendaki gunung Batur untuk melihat sunrise, maka kalian harus memastikan kondisi tubuh fit dan cukup tidur atau beristirahat semalam sebelumnya. Bayangkan saja jika kalian berkendara dalam keaadaan mengantuk dijalanan yang sepi dimalam hari, tentu saja itu akan cukup berbahaya dan jika ditambah lagi setelah mendaki selesai kalian harus berkendara lagi menuju rumah atau hotel dalam keadaan sedikit Lelah dan mungkin saja rasa kantuk muncul disela sela perjalanan.

Memakai ataupun tidak fasilitas antar jemput dari kami itu hanyalah pilihan, namun memakai jasa guide atau pemandu lokal sangatlah kami sarankan. Karena selain memperhatikan segi keamanan dan kenyamanan, dengan memakai jasa guide gunung Batur itu juga berarti kalian sudah membantu membangkitkan perekonomian di Bali pada umumnya dan di Kintamani pada khususnya.

Paket Tour Mendaki Gunung Batur

Bagaimana dengan harga dan tiket mendaki gunung Batur? Kalian tidak usah khawatir ditahun 2021 ini banyak sekali diskon yang bisa kalian dapatkan, bahkan harganya hamper setengah dari harga normalnya. Intinya disini kami tetap berjuang untuk selalu mempromosikan gunung Batur yang sudah sempat menghidupi kami selama hampir 10 tahun lamanya.

Bagi kalian yang masih bingung dan memiliki berbagai pertanyaan seputaran guide / pemandu gunung Batur, biaya dan harga paket tur tidak usah sungkan untuk menghubungi operator kami Bli Nengah di telpon atau What’sApp: 082144554458. Nah, sekian informasi kali ini tentang gunung Batur yang sudah dibuka kembali. Semoga saja info ini bermanfaat dan sampai jumpa di Gunung Batur, Kintamani Bali.

About the Author